Tips untuk memulai usaha catering profesional

Posted on

catering

Apakah Anda bekerja di dapur profesional atau berencana untuk menyelenggarakan pesta, usaha catering membutuhkan skill yang tidak main-main.

Katering yang baik sangat terorganisir dan berpengetahuan tentang menyiapkan makanan dalam jumlah besar. Mereka dapat mengirim hidangan ke restoran atau menyimpan makanan pesta tanpa ragu.

Gunakan kiat dan trik katering kami di bawah ini untuk meningkatkan kemampuan Anda, menghemat uang dan waktu, dan mengubah stres menjadi kepuasan saat menyiapkan makanan.

Dari kebersihan makanan yang lebih baik, melalui mendengarkan pelanggan Anda, sampai strategi penjualan yang cerdik, Anda dapat menggunakan berbagai trik katering untuk meningkatkan makanan yang Anda buat dan merampingkan proses persiapan Anda.

1. Persiapkan sebelumnya

Selesaikan persiapan sebanyak yang Anda bisa malam sebelumnya atau sebelumnya di hari itu. Sebuah awal kepala mencegah Anda terburu-buru dan mengganggu alur kerja Anda nanti ketika pesanan mulai menumpuk.

Untuk mempersiapkan sebelumnya, Anda dapat:

Buatlah hidangan dingin terlebih dahulu – siapkan salad terlebih dahulu dan simpan di atas meja atau di lemari es. Siapkan komponen berisiko tinggi nantinya, seperti saus Caesar, yang mengandung telur mentah dan tidak bisa ditinggalkan terlalu lama.

Lakukan persiapan kecil untuk buah dan sayuran – kupas kentang, paprika dan bawang, dll.

Poles dan bersihkan alat makan dan piring Anda selama waktu henti dan pastikan Anda memiliki banyak tambahan.

Atur tabel sebelumnya dan berikan beberapa suku cadang pada tabel yang disediakan untuk pesta besar. Letakkan gelas air dan kendi.

Pastikan ada banyak ruang di kulkas – buang apa pun yang tidak lagi Anda butuhkan atau yang telah memburuk dalam kualitas. Jika Anda menerima pesanan sebelumnya, atur lemari es sehingga Anda dapat dengan cepat mengakses apa yang Anda butuhkan terlebih dahulu.

Persiapan awal sangat bermanfaat ketika melayani pesta besar atau ketika bekerja malam sibuk (seperti hari Sabtu). Anda dapat terus mengirimkan makanan berkualitas tanpa mengkhawatirkan tugas persiapan kecil dan tanpa membuat orang menunggu.

2. Atur menu dan lingkungan Anda

Jika Anda mengatur hidangan di menu dan mengatur lingkungan dengan cerdas, Anda dapat meminta pengunjung untuk memilih makanan dan minuman tertentu dengan cara yang meningkatkan keuntungan.

Studi menunjukkan bahwa pengunjung melihat sudut kanan atas menu terlebih dahulu, dan jika Anda menempatkan hidangan paling mahal di sana, semua yang lain tampaknya cukup berharga dengan perbandingan. Akibatnya, para tamu akan menghabiskan uang mereka dengan lebih nyaman.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa musik klasik mendorong pembelanjaan, dan dekorasi tertentu memengaruhi mood pengunjung.

Warna-warna hangat, seperti merah dan oranye, rileks para tamu dan meningkatkan selera makan mereka. Namun, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan. Gunakan karya seni, perabotan, dan ornamen untuk membangun skema warna, daripada mengecat dinding yang berwarna merah.

3. Prioritaskan kebersihan makanan

Jika Anda menyelenggarakan pesta pribadi, persyaratan hukum tidak terlalu ketat. Ketika Anda menyiapkan dan menjual makanan secara komersial, Anda harus sumber, menyimpan, menangani, dan menampilkan makanan kepada konsumen sesuai dengan hukum kebersihan makanan.

Tips kebersihan makanan untuk katering:

Gunakan papan memotong warna-kode untuk mencegah kontaminasi silang – merah untuk daging mentah, biru untuk ikan mentah, hijau untuk sayuran dan buah, coklat untuk sayuran akar, kuning untuk daging matang, dan putih untuk roti dan produk susu.

Juga gunakan papan terpisah untuk menyiapkan makanan bebas alergen.
Kebersihan kulkas: simpan daging mentah di rak bawah, periksa bahwa suhu antara 1 dan 4 ° C, dan bersihkan secara teratur. Beri label semuanya dengan tanggal terbaik sebelum dan saat digunakan dan gunakan sistem FIFO untuk mengatur makanan.

Bersih saat kamu pergi. Bekerja dalam kekacauan tidak hanya membuat stres, tetapi juga risiko higienis yang besar. Ini juga merupakan pembuang waktu: Anda akhirnya harus berhenti dan membersihkan tumpukan, yang mengganggu layanan dan waktu makan.

Saat Anda bekerja, buang kemasan kosong, sisa makanan yang tidak terpakai, dan sampah lainnya untuk mengosongkan ruang. Cepat, sering menghapus-down mencegah bakteri dan alergen dari membangun.

Ikat rambut Anda ke belakang dan potong kuku Anda (jangan gunakan yang palsu saat menyiapkan makanan). Juga hilangkan perhiasan dan luka pakaian dengan plester biru (sehingga Anda dapat melihatnya dengan mudah jika tidak sengaja jatuh ke makanan).

Berikan informasi alergen dan saran konsumen jika Anda menyiapkan banyak makanan berisiko tinggi (seperti daging langka atau produk susu mentah). Sertakan di menu dan di suatu tempat di tempat. Jawab pertanyaan dengan kemampuan terbaik Anda.

Untuk tips kebersihan makanan lebih lanjut, lihat artikel Aturan Kebersihan Makanan dan Panduan kami .

4. Dengarkan tamu Anda

Komentar dan keluhan adalah peluang untuk meningkatkan resep dan layanan Anda. Daripada bereaksi secara defensif, gunakan mereka secara konstruktif. Anda akan mendapatkan persetujuan dari pelanggan yang kembali dan menerima ulasan bagus tentang kualitas bisnis katering Anda.

Tampilkan kartu komentar pelanggan di meja depan dan sertakan komentar dan bagian keluhan di situs web Anda. Juga buat halaman media sosial untuk orang-orang yang ingin berbicara dengan Anda secara langsung.

Di atas segalanya, tanggapi umpan balik sebanyak mungkin dan terima kasih kepada orang-orang yang berkomentar. Tamu yang merasa seperti Anda mendengarkan dan menghargai kebiasaan mereka akan dengan senang hati datang kembali untuk beberapa detik.

5. Buat menu praktis

Banyak bisnis katering menawarkan terlalu banyak. Menu yang berantakan dan tidak fokus tidak hanya membuat tamu Anda kewalahan; itu menguasai Anda. Anda akan kesulitan mengatur bahan-bahan dan menyiapkan makanan untuk lebih dari 50 hidangan, yang menyebabkan terbuangnya uang dan waktu.

Pilihan yang lebih sedikit berarti orang menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memilih dan Anda menghemat waktu memasak , karena Anda mungkin akan menyiapkan beberapa hidangan yang sama. Persiapan yang efisien sangat penting selama masa sibuk. Jika Anda macet mencoba menyulap selusin pesanan yang berbeda, pengunjung menjadi lebih lambat dan Anda kehilangan penjualan.

Anda juga harus menyiapkan beberapa hidangan yang berbagi bahan, tidak hanya memberi orang pilihan, tetapi juga memaksimalkan inventaris Anda.

Buat deskripsi sederhana agar menu mudah dipindai. Kebanyakan orang ingin tahu persis apa yang ada di piring, bukan negara mana yang secara metaforis mengirimkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *