Tips Memilih Burung Merpati Kolongan Yang Tinggi dan Kencang

Posted on

Bagi para penghobi burung merpati saat ini memilih burung merpati kolongan yang bagus adalah hal penting mereka ada banyak burung yang benar-benar bagus cocok untuk bermain di kolongan, namun tidak sedikit juga merpati dengan skill terbang biasa diluaran sana yang dijual. Artikel ini membantu sobat untuk bagai mana cara memilih burung merpati kolongan yang terbang tinggi dan bagus. Admin telah melalui rentetan panjang perjalanan waktu dalam Berternak maupun terjun langsung di Lapangan dan juga merujuk dari ciri “fisik beberapa player” / burung merpati kolongan yang siap lomba juga handal yg telah menorehkan prestasi akhirnya saya menyimpulkan beberapa ciri-ciri khusus dalam artikel ini antara lain:

  1. Paruh ramping kecil/tipis namun kokoh dan kuat mampu makan biji-bijian kecil maupun besar.
  2. Hidung pesek tidak terlalu besar kering tipis dan lubang hidung kecil rapet.
  3. MATA. sebaiknya yang paling bagus adalah mata yang agak maju kedepan pupilnya bukan ditengah-tengah. Mata kuning, kuning kemerahan bisa juga yg merah menyala atau mata jawa dan liplap maupun mata pilo asal teleng hitam pada mata/pupil kecil bening dan bulat  kalau bekur dan berantem pupil mata semakin mengekecil juga pada saat kena cahaya Matahari. Adapun warna mata hitam hitam yg pudar cari yang warna hitamnya jelas/seperti kedelai busuk (tidak merusak bulatnya pupil) Tipe seperti ini biasanya di samping bagus buat Player siap lomba bagus juga buat Pacekan atau Bahan Ternak. Pelupuk mata atau alis tipis tidak kasar dengan warna segar tidak merah tebal dan juga tidak ada yg terluka/tercuil alisnya.
  4. Kepala Panjul atau mengerucut bisa juga yang Njambe tapi sedang atau sedikit agak besar. Jangan pilih kepala yang ukuran kecil karna bisa jadi itu burung betina bukan jantan :D.
  5. Pipi tipis tidak tembem dan bulu Jenggot lembut.
  6. Leher panjang atau yg pendek tapi ideal sepadan dengan anggota badan burung atau proposional.
  7. Bentuk badan aerodinamis jantung atau oval seperti bentuk telur, kenyal saat di pegang empuk dan tipis di lihat dari pundak ke pangkal ekor  membentuk segi tiga.
  8. Punggung rata dan dada besar berotot mbilah seperti perahu tapi berisi dengan gupalan daging dan otot, ujung dada bagian belakang melengkung ke dalam bagian perut.
  9. Sayap rapih kalo bisa bulu sayap yang paling ujung itu batangan bulunya tipis seperti lidi dan penjawat panjang seperti bilah Pedang dan sejajar dengan ujung ekor serta tulang sayap tebal seimbang kanan dan kiri, jikalau di tekam sayap menutup ke badan.
  10. Ekor harus rapi karna fungsi ekor sebagai pengereman burung saat nukik, pendek bila di sejajarkan antar bulu ekor menyatu seperti sendok, Bila yang panjang cari yang sejajar juga dengan sayap.
  11. Kaki kering, jari panjang kemerah-merahan kalo bisa jangan pilih yang basah karna bisa jadi kaki merpati tersebut terluka serta lentik kokoh dan kuku seperti cakar burung Elang.
  12. Sumpit/capit udang atau tulang bawah dubur berlidi panjang melengkung serta tebal dan menonjol, jarak antar ujung tulang sumpit tidak melebihi ruas jari telunjuk jika di genggam ujung tulang menempel di telapak tangan.
  13. Jenis bulu lembut halus atau Nyutra dan tebal, tidak mudah basah bila terkena air atau pada saat dimandikan, mudah cepat kering saat dijemur kering mengkilat seperti berminyak kalau di genggam licin.
  14. Kalo burung dipegang atau digenggam burung berasa akan berontak dan bertenaga itu menandakan burung memiliki cc besar / speed kencang.
  15. Kalau berjalan seperti Mentok/itik (sebangsa Bebek) dan sedikit Jinjit serta berjalannya gesit enerjik ga loyo.

Demikian Rangkuman sementara dari pengalaman pribadi saya dan bagi teman-teman yang punya informasi yang akurat silahkan berbagi pengetahuan saya persilahkan menambahkannya melalui kolom komentar. Sebelum dan sesudahnya saya pribadi mengucapkan terima kasih sudah mapir di web saya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk para penghoby merpati umumnya merpati tinggi kolongan khususnya.

Salam Merpati Kolong…Mantab Jiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *