Rumus Matematika untuk Menghitung Tinggi Prisma

Posted on

Rumus matematika untuk menghitung tinggi prisma biasanya memang tidak dibakukan seperti halnya rumus untuk menghitung luas dan volume prisma. Namun begitu, jika mau, kita sebenarnya dapat membuat rumus sendiri dengan cara menurunkan rumus baku yang sudah ada, yaitu rumus volume prisma dan atau luas bangun ruang prisma. seperti yang kita tahu untuk rumus bangun ruang termasuk prisma sendiri memang memiliki kedudukan yang unik dibanding bangun ruang lain seperti kubus, tabung ataupun balok. nah untuk anda yang sedang memperlajari matematika tentu saja mengetahui cara menghitung luas keliling sebuah prisma menjadi sebuah keharusan atau minimal mengetahui cara menghitung volume dalam prisma tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, untuk bisa menghitung luas dan volume prisma, kita membutuhkan data utama berupa tinggi prisma. Artinya, jika kita mengetahui data luas dan atau volume prisma, maka kita sebenarnya juga dapat menghitung berapa tinggi bangun ruang prisma tersebut.

 

Caranya adalah dengan menurunkan rumus matematika prisma yang sudah baku untuk dijadikan sebuah rumus yang baru. nah dibawah ini kami sudah siapkan soal untuk rumus prisma, silahkan di cek

Contohnya: jika diketahui sebuah prisma segitiga memiliki volume sebesar 100 cm3, panjang alas 5 cm dan tinggi alas 4 cm, berapakah tinggi bangun ruang prisma segitiga tersebut?

Jawab:

V = (1/2 x panjang alas x tinggi alas) x tinggi prisma

100 = (1/2 x 5 x 4) x tinggi prisma

100 = (10) x tinggi prisma

Tinggi prisma = 10 cm

Nah bagaimana? Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara menghitung tinggi prisma jika diketahui besaran volumenya?

Jika dibuat rumus secara baku, maka untuk menghitung tinggi prisma segitiga jika diketahui volume, panjang alas dan tinggi alas, Anda dapat menggunakan rumus matematika baku sebagai berikut:

Tinggi prisma = Volume / luas alas

nah demikianlah pembahasan rumus hitung untuk kali ini yang memfokuskan untuk membahas cara menghitung volume sebuah prisma dengan rumus sederhana serta contoh soal yang bisa anda ikuti dengan mudah. okee jangan lupa bookmark website kami dan share postingan ini ke sosial media favorit anda.

Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *