Manfaat Mentimun Yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

manfaat mentimun

Siapa sih yang tidak tau mentimun? Rata-rata orang pasti tau akan mentimun. Tidak jarang di Indonesia mentimun dijadikan pelengkap di dalam menu lalapan. Makan dengan dau kemangi, ikan goreng atau ayam goreng, sambal dan sepiring nasi hangat…. hmmmm…. benar benar yummy yah. Bikin perut jadi keroncongan nih sampai-sampai menelan ludah pengen makan.

Manfaat Apa Saja Sih Dari Mentimun …. Yuk Simak info lengkapnya di Bawah Ini.

Tetapi tau nggak kamu bahwa mentimun mengandung banyak sekali manfaat positif bagi kesehatan?

  1. Menjaga asupan kandungan air di dalam tubuh kita. Benar sekali mentimun mengandung 95% air yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang penting diantaranya adalah menjaga kandungan air tubuh agar tetap terhidrasi. Manfaat lainnya adalah membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.
  2. Nah …  Manfaat kedua dari mentimun yang sangat polpuler adalah membantu mengontrol tekanan darah. Biasanya mentimun di jus atau dimakan utuh untuk digunakan bagi penderita hipertensi. Nah hati-hati jika kamu mengidap tekanan darah rendah atau pipotensi. Sebaiknya hindari makan mentimun ya…
  3. Melembabkan dan menuringan lingkaran hitam sekitar mata. Nah … kalau yang satu ini mungkin sangat cocok bagi para wanita. Manfaat kecantikan yang diperoleh dari mentimun. Biasanya mentimun dipotong tipis setelah terlebih dahulu didinginkan di kulkas. Kemudian ditempelkan di atas mata yang terpejam. Sambil berbaring…. mata jadi segar dan lingkaran hitam marah jauh berkurang sekarang.
  4. Membantu menyegarkan kulit yang terbakar sinar matahari. Ternyata mintimun kaya akan manfaat moizturizer yang akan membantu melembabkan kulit yang terbakar akibat matahari. Biasanya mentimun akan ditumbuk atau diblender halus dan dilumurkan diatas kulit yang memerah akibat terbakan sengatan matahari. Kulit akan segera pulih dan nyaman.
  5. Membantu mengatasi masalah pencernaan dan sembeli. Serat dan kandungan air dalam mentimun akan membantu keluhan sembelit jika dikonsumsi setiap hari.
  6. Membantu menghilangkan bau mulut tak sedap. Kandungan mentimun yaitu fitokimia akan mematikan bakteri penyebab bau mulut. Serta manfaat alkali atau kandungan basa dari mentimun sangat membantu dalam menyegarkan mulut, tenggorokan dan mengatasi sariawan pula.

Nah itulah beberapa manfaat mentimun yang luar biasa bagi kesehatan. Tetapi ingat ya asal jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Apalagi apabila kamu mengidap atau terindikasi tekanan darah rendah. Mending konsultasikan dulu dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *