Edukasi Teknologi dan Sains

Posted on

Bahkan sebagai pendukung lama penggunaan teknologi pendidikan, saya masih kagum pada kecepatan yang cepat di mana itu telah menjadi kebutuhan daripada sebagai sumber kegiatan pengayaan. Siswa zaman sekarang, dan bahkan banyak orang tua, yang dibesarkan dengan teknologi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari mereka, mempertahankan harapan dan asumsi tertentu mengenai cara teknologi digunakan untuk belajar. Tidak lagi dapat komputer kelas dipicu di sudut untuk digunakan secara sporadis untuk kegiatan khusus atau video dapat digunakan sebagai babysitter. Teknologi harus menjadi bagian integral dari kehidupan kelas.

Apa yang Dibutuhkan Siswa

Jika pekerjaan kita, sebagai pendidik, adalah mempersiapkan siswa untuk menjadi anggota masyarakat kita yang berhasil, maka selain pengetahuan dan keterampilan tradisional, siswa sekarang harus siap untuk mengakses, mengevaluasi, menganalisa, dan menyintesiskan sejumlah informasi yang tak terukur. Mereka harus memiliki keterampilan mendengarkan yang luar biasa, dapat menggunakan email, memahami sistem operasi dasar, menggunakan pengolah kata dan perangkat lunak lainnya, dan menggunakan internet untuk penelitian.

Kebutuhan ini menimbulkan tantangan baru bagi para guru, terutama mereka yang mungkin tidak merasa siap untuk menggunakan teknologi sebagaimana para siswa mereka. Sudah saatnya bagi para pendidik untuk mengatasi gagasan usang bahwa mereka harus menjadi ahli dalam teknologi pendidikan sebelum para siswa diizinkan untuk menggunakannya.

 

Beberapa Manfaat Teknologi Pendidikan

o meningkatkan minat (bahkan dalam tugas menghafal)

o memberikan tujuan untuk belajar

o mempromosikan persepsi bahwa semua pengetahuan terkait (bukan bit terisolasi)

o memungkinkan individualitas siswa dalam gaya belajar

 

Teknologi Pendidikan di Ruang Kelas Sains

Keputusan untuk menerapkan teknologi dalam lingkungan pembelajaran sering tidak didorong oleh teknologi tetapi oleh tugas yang ada.

Ambil contoh, kasus guru fisika yang perlu menyiapkan beberapa laboratorium untuk termodinamika tetapi tidak punya uang tersisa untuk persediaan atau peralatan. Karena dia cukup beruntung memiliki 8 komputer di ruang kelasnya, dia dapat menggunakannya untuk membuat laboratorium. Para siswa dikirim ke perangkat lunak sains yang digunakan sekolah dan situs web. Situs ini memiliki beberapa simulasi hebat yang dirasakan oleh guru ini lebih interaktif dan melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk mendemonstrasikan fisika di belakang topik daripada lab tradisional.

Karena pembelajaran sains memerlukan banyak analisis kritis, penggunaan teknologi pendidikan di kelas sains sangat diperlukan. Belajar untuk memecahkan masalah yang kompleks membutuhkan pendekatan pembelajaran yang berbeda dari belajar keterampilan yang terisolasi dan informasi yang diperlukan untuk keperluan pengujian standar. Misalnya, saat melakukan riset internet, seorang siswa harus dapat mengevaluasi sumber internet untuk keandalan, akurasi, dan bias; jenis informasi yang sama yang diperlukan dalam kegiatan eksplorasi sains.

Untuk mempersiapkan siswa kami sepenuhnya untuk kehidupan “nyata”, sebagai pendidik kita tidak hanya perlu memberi mereka pengetahuan konten yang mereka butuhkan, tetapi juga kemampuan untuk:

o secara akurat memperoleh informasi dari sumber visual dan pendengaran (menonton dan mendengarkan)

o mengembangkan solusi untuk masalah dan kemudian menyajikan solusi ini kepada orang lain menggunakan berbagai bentuk media

o menampilkan orisinalitas dan menggunakan keterampilan pemecahan masalah selama proses kreatif

o menjadi pemain tim dan kolaborator yang baik

o menunjukkan kesadaran lintas budaya

o mengkomunikasikan ide-ide kompleks secara efektif

Saya berpendapat, seperti yang dilakukan banyak pakar pendidikan, bahwa penggunaan teknologi di kelas sejauh ini, adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan mulia ini. Pendidik harus mempersiapkan masa depan yang melibatkan banyak teknologi dan mereka perlu mengikuti perubahan dengan mengadopsi strategi efektif yang menggunakan teknologi tepat guna.

Di ruang kelas sains, kita perlu melakukan lebih banyak dengan teknologi agar siswa kita lebih terdidik dan lebih mampu untuk berhasil dalam hidup.

Jika Anda siap untuk berhenti membuat “7 Guru Kesalahan Terbesar Membuat Menggunakan Video di Kelas” dan ingin mulai merasakan manfaat menggunakan video secara efektif di kelas Anda, langkah selanjutnya adalah mengunduh salinan GRATIS “The 7 Biggest Kesalahan Guru Membuat Menggunakan Video di Kelas “sekarang.

Perusahaan kecil tempat saya bekerja berkomitmen untuk membuat video pendidikan berkualitas untuk pengajaran di kelas. Dari tahap skrip awal, semua konten area subjek, gambar, dan musik sangat ditinjau dan dipilih untuk memenuhi tingkat kelas yang sesuai, tujuan kurikulum dan standar untuk produksi eksklusif kami. Video yang kami distribusikan juga disaring untuk memenuhi standar tinggi kami.

Guru di kelas abad 21 akan menjadi pendidik yang lebih baik jika mereka memahami cara menggunakan multi media dalam pelajaran mereka, jika mereka memahami proses yang penelitian telah terbukti paling efektif untuk meningkatkan kinerja siswa, dan jika mereka tahu bagaimana menemukan video berkualitas sumber daya yang akan meningkatkan pelajaran mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *